Perbedaan aliran udara menciptakan gaya angkat.

Sebenarnya, rahasia kenapa pesawat bisa terbang di angkasa ada pada sayapnya. Jika kita lihat sayap pesawat dari posisi samping, bentuk bagian atasnya lebih mengembang. Ketika udara bertubrukan dengan sayap, kecepatan aliran udara pada bagian atas dan bawah sayap berbeda. Perbedaan kecepatan aliran udara ini menghasilkan daya angkat. Karenanya pesawat bisa terbang di angkasa.

 

Meski tak terlihat, udara memiliki kekuatan.

Ketika kita membuka payung, lalu tiba-tiba ada angin yang bertiup. Payung kita akan seperti terangkat bukan? Itu disebabkan oleh perbedaan kecepatan angin yang mengalir di bagian atas payung dan udara yang mengalir di bagian bawah payung. Daya angkat yang bekerja pada sayap pesawat juga mempunyai mekanisme yang sama. Ketika pesawat bergerak maju, angin mengenai sayap, lalu terbagi menjadi dua aliran udara yang melalui sayap bagian atas dan bagian bawah. Pada saat itu, aliran udara di bagian atas sayap bergerak lebih cepat dibandingkan aliran udara di bagian bawah. Dengan begitu, pesawat bisa terangkat dengan sendirinya. 


Mata ne~ (Sampai Jumpa) ...

\(^w^)/

Perbedaan aliran udara menciptakan gaya angkat.

Sebenarnya, rahasia kenapa pesawat bisa terbang di angkasa ada pada sayapnya. Jika kita lihat sayap pesawat dari posisi samping, bentuk bagian atasnya lebih mengembang. Ketika udara bertubrukan dengan sayap, kecepatan aliran udara pada bagian atas dan bawah sayap berbeda. Perbedaan kecepatan aliran udara ini menghasilkan daya angkat. Karenanya pesawat bisa terbang di angkasa.

 

Meski tak terlihat, udara memiliki kekuatan.

Ketika kita membuka payung, lalu tiba-tiba ada angin yang bertiup. Payung kita akan seperti terangkat bukan? Itu disebabkan oleh perbedaan kecepatan angin yang mengalir di bagian atas payung dan udara yang mengalir di bagian bawah payung. Daya angkat yang bekerja pada sayap pesawat juga mempunyai mekanisme yang sama. Ketika pesawat bergerak maju, angin mengenai sayap, lalu terbagi menjadi dua aliran udara yang melalui sayap bagian atas dan bagian bawah. Pada saat itu, aliran udara di bagian atas sayap bergerak lebih cepat dibandingkan aliran udara di bagian bawah. Dengan begitu, pesawat bisa terangkat dengan sendirinya. 


Mata ne~ (Sampai Jumpa) ...

\(^w^)/